Hikmah Bangun Pagi

Kata mbah uti saya,”bar subuh kuwi ojo turu neh, ngko rejekine dipatok ayam (habis subuh jangan tidur lagi, nanti rejekinya dipatok ayam)”. Alhasil, saya gak berani tidur habis subuh kalo lagi pulkam ke solo. Bukan karena takut rejekinya dipatok ayam, tapi karena takut diceramahin…….😀. Kata mbah uti lagi, “sholat rong roka’at sedurunge subuh ki entuk ndunyo lan seisine…..(sholat dua roka’at sebelum subuh itu dapat dunia seisinya…)”. Kata banyak orang, ”Belajar pagi2 itu enak, lebih gampang masuk, daripada maksain belajar mpe larut malam.”

Apakah itu hanya katanya?

Hayo siapa yang suka telat bangun pagi? Hayo siapa yang habis subuh tidur lagi? (clingak-clinguk:D). Memang benar, belajar pagi2 itu lebih enak dan lebih mudah masuk otak ketimbang maksain belajar mpe larut malam. Dan buat saya, garap tugas atau laporan pagi2 itu juga lebih cepat selesai (lah, itu si dasarnya dah kekejar2 waktu, jadi harus buruan selesai :D). Dan perkataan2 orang-tua2 tentang ‘rejeki bakal dipatok ayam kalo tidur lagi habis subuh itu’ gak sepenuhnya salah, tapi juga gak sepenuhnya bener. Kenapa?

Coba baca hadits berikut ini:
Sakhr Al-Ghamidi mengisahkan bahwa Nabi Muhammad saw berkata ,”Ya Alloh, berkahilah umatku pada pagi hari mereka.” Bila beliau melepas pasukan, beliau melepas mereka di awal hari. Sakhr adalah seorang saudagar dan dia biasa mengirim dagangannya pagi2 sekali, dan dia menjadi kaya raya. At-Tirmidzi dan Ahmad.

Abu Hurairoh meriwayatkan: Nabi berkata, ”Agama sebenarnya sangat mudah, dan orang yang terlalu membebani diri dalam agamanya tidak akan mampu terus begitu. Maka janganlah kalian menjadi ekstremis, tapi berusahalah mendekati kesempurnaan dan terimalah berita baik yang pasti akan kalian terima; dan dapatkan kekuatan dengan beribadah di pagi hari, di malam hari…….

Subhanalloh……..

Ternyata sudah berabad2 lalu Rasululloh mendoakan kita…..tentang hikmahnya pagi hari…….
Lalu adakah yang masih berniat tidur lagi habis subuh? Adakah yang berniat membiasakan tidur larut malam (pagi) sehingga bangun menjadi kesiangan? Kayanya dulu saya pernah bilang, sebegadang2nya kita, tapi jangan biarkan mata melek di jam 12-3 pagi. Kalo mau begadang, tetap usahakan minimal tidur di tiga jam itu. Kenapa? Itu masa2 REM (RAM opo REM ya? Lupa:D), insya Alloh, bangun pagi jadi gak ngantuk lagi. Ya habis tidur, wudu, sholat, ngerjain tugas atau ngetik gitu, biar gak ngantuk……:D. Tapi kalo sekali2 tidur habis subuh, ya gak apa2, he9x (ini sih mberi toleransi ke diri sendiri:D).

Jadi tahu kenapa tho kenapa pedagang dah keluar subuh2? Dan saya juga tahu, kalo saya telat ke pasar cerme (pasar di sumampir deket rumah) pasti kehabisan tempe bungkus, yang ada tinggal tempe iris yang rasanya kalah dengan tempe bungkus. Saya juga jadi tahu kalo bangun pagi2, hari itu pasti akan berjalan dengan baik. Kenapa? Dengan pagi, semangat hidup pasti lebih besar. pagi2 bangun, bisa sholat malam, subuh tepat waktu, garap tugas, nyuci/nyetrika, nyapu kamar, masak, sarapan, jadi semua hak diri sendiri terpenuhi tho? Dan merasa mantap untuk menjalani hari itu dengan baik penuh semangat. Saya pernah merasakan belum lama ini, habis subuh tidur lagi, terus antara sadar dan tidak sadar, tengah tuju kurang dikit bangun. Padahal tiap hari saya kuliah jam 7. Masih rebahan di tempat tidur, dengan berpikir, ‘ngampus gak ya?’. Maklum, semester ini saya memang banyak bolos ketimbang semester2 sebelumnya yang bolosnya itu cuma karena mudik. Sebenarnya hari itu saya tidak berencana membolos, tapi ‘menjemput’ pagi dengan ogah2an seperti itu membuat jadi gak semangat. Tapi berhubung setelah menghitung2 brapa jumlah bolos yang sudah saya lalui, saya langsung bangun dan ke kamar mandi…..:D.

Ayo kita bangun pagi2 sekali. Jemput bekal hidup sebelum matahari terbit. Bukankah kita ingin mendapatkan berkah dan manfaat doa yang dipanjatkan Rasulullah tersebut?

Gak ada alasan karena gak mempan pake alarm, terlalu cape, dll. Itu alasan klasik. Sebelum tidur, niatin bener2 kalo memang ingin bangun pagi, insya Alloh pasti bangun pagi. Dan itu akan menjadi alarm biologis kita….. jangan mengandalkan alarm jam/hp, karena itu hanyalah benda mati. Tapi andalkan diri sendiri…..

One thought on “Hikmah Bangun Pagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s