Bersama Kesukaran Ada Kemudahan

Coba mari kita baca terjemahan ayat di bawah ini:

Maka sesungguhnya, bersama kesukaran ada kemudahan. Sungguh, bersama kesukaran ada kemudahan. (QS. Al-Insyiroh 5-6).

Apa yang kalian rasakan membaca itu? Disitu dituliskan, bersama kesukaran ada kemudahan, bukan sesudah kesukaran ada kemudahan. Ada Al-Qur’an yang menerjemahkan ‘sesudah kesukaran ada kemudahan’, tapi yang benar insya Alloh adalah ‘bersama’, ‘fa inna ma’al ‘usriyusro’, “ma’a” artinya “bersama tho”….? Bukan “sesudah”….

Bukankah menakjubkan ayat tersebut? Alloh menyebutkan dua kali dalam satu surat tersebut bahwa sesungguhnya bersama kesukaran ada kemudahan. Ini menunjukkan pula bahwa kesukaran dan kemudahan itu akan datang bersamaan, tidak belakangan, tidak sesudahnya, tapi bersamaan.

Jadi percayalah teman-teman, sesulit apa pun yang kita hadapi di dunia ini, sesungguhnya ada sesuatu yang indah yang bersembunyi di baliknya. Mungkin belum terlihat oleh kita, tapi pasti ada berada di sana, betul tidak? Saya tersenyum jika mengingat banyak hal yang sudah saya lalui. Kalian pasti juga akan tersenyum2 sendiri jika mengingat kejadian2 yang pernah kalian lalui….

Banyak-banyaklah berdoa kepada-Nya agar diberi petunjuk…..
“Dan Tuhanmu berfirman,” Berdoalah kepada-Ku, niscaya aku akan menjawab doamu.” (Al-Mu’min 60).

Wow, seberapa seringkah kita meminta kepada Alloh? Atau jangan-jangan kita lebih sering meminta kepada manusia daripada ke yang menciptakan manusia itu sendiri? Padahal Alloh mengizinkan kita meminta apa pun dari-Nya, gratis. Jika seandainya orang tua kita membolehkan kita meminta apa pun darinya, apa yang kita lakukan? Pasti akan meminta yang macam-macam tho? Nah, ini yang membolehkan kita untuk meminta kepada-Nya adalah pencipta kita. Tidakkah kita merasa rugi kalau melewatkan kesempatan begitu saja? Dan Dia akan menjawab doa-doa kita. Hmmm…..ini menarik.

Mengapa kata yang digunakan adalah ‘menjawab’ dan bukan ‘memberi’? dan Alloh telah memberi jawaban pada surat di bawah ini:
“Boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu padahal baik bagimu. Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal tidak baik bagimu. Alloh mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (Al-Baqoroh 216).
Alloh mengetahui segala sesuatu yang tidak kita ketahui. Jadi kapan saja kita meminta pada-Nya dan sesuatu itu tidak baik untuk kita, Alloh tetap akan menjawab doa kita dengan cara-Nya sendiri. Kita mungkin akan melihat ketidakterkabulan doa kita. Tapi mungkin saja bahwa saat itu Alloh sedang menyelamatkan kita dari musibah yang bisa disebabkan dari sesuatu yang kita minta tersebut.

Membuat analogi sederhana…..Kalian tahu bagaimana caranya para nelayan di jepang tetap mendapatkan ikan yang segar walaupun setelah menempuh perjalanan melaut jauh? Setelah mencoba berbagai cara namun tetap saja ikan yang diperoleh akan tidak segar setelah kembali ke daratan, para perusahaan penangkap ikan di sana akan menempatkan ikan-ikan hasil tangkapannya di dalam bak dan akan menambahkan seekor hiu kecil di dalam setiap bak tersebut. Hiu itu memang akan memangsa beberapa ikan, tapi sebagian besar ikan yang lain akan tetap bertahan hidup dalam keadaan segar setelah sekembalinya ke daratan karena mereka sekarang harus aktif berenang agar tidak dilahap si hiu. Subhanalloh……

Sangat menarik bukan? Jadi, permasalahan-permasalahan di dunia ini hanyalah seperti hiu tersebut yang akan tetap membuat kita senantiasa terjaga sehingga bisa terjaga terus…….

Apalah arti masalah di dunia ini? Beban kuliah terlalu berat? Kita tentu ingin lulus kuliah dengan hasil yang baik tho? Bagaimana caranya? Gak bisa dipungkiri kalo kita harus melewati tahapan2 seperti ujian2, tugas2, dan sidang……..buat yang lagi pusing dengan TA, pusing dengan ujian, bersabarlah. Karena sungguh itu adalah jalan tercepat untuk lulus dari bangku kuliah….

Lalu, penyakit yang tak kunjung sembuh? Sakit itu bisa merupakan suatu adzab atau pun ujian. Semoga dengan rasa sakit itu bisa menghapus dosa-dosa kita. Apakah kita tidak mau dosa-dosa kita terhapuskan?;)

lalu, masalah ekonomi? Ya Alloh….Alloh Maha Kaya, mengapa kita tidak meminta kepada-Nya….. mintalah rejeki yang halal, tentunya ini harus disertai dengan usaha juga…..

lalu, masalah hubungan sosial? Saya yakin, semuanya akan berproses dengan alami…..mengapa kita tidak mencoba untuk mengalah duluan?

Broken home…..sering saya dengar dari beberapa orang yang saya kenal. Ah, jika mau mengambil segi hikmahnya, orang2 broken home yang saya kenal itu tak tampak seperti orang yang broken home, mereka lebih bisa mengambil suatu hikmah. Percaya gak percaya, orang yang broken home dan tidak ingin larut dalam keadaannya biasanya adalah seorang yang pandai di lingkungannya…..;).

Dan masalah yang sering saya dengar dari teman saya adalah…..’patah hati’….. insya Alloh, Alloh sudah memilihkan jodoh yang terbaik buat kita…..ya gak?

Dan masih banyak lagi permasalahan-permasalahnan di dunia ini……masalah-masalah yang saya sebutkan tadi hanyalah contoh masalah-masalah yang sangat sederhana. Bagaimana dengan memajukan pendidikan Negara ini? Bagaimana cara mengislamkan Indonesia? Bagaimana cara dlll? Tentunya saya bukan orang yang ahli untuk membahas itu.

Jadi mana hiu-hiu kita kawan? Bisakah kita tersenyum mengingat hiu-hiu yang sudah bisa kita lalui? Insya Alloh, itu semua akan mendewasakan kita…..

“sebab setelah hujan selalu ada pelangi yang akan memelukmu…..”

Ah, yang kita butuhkan adalah syukur dan sabar. Jika dihadapkan suatu nikmat, maka bersyukurlah. Dan jika dihadapkan oleh suatu masalah, maka bersabarlah. Mungkin, ada yang bilang, ‘ah kamu nis, gampang banget ngomongnya, prakteknya yang susah..’. memang benar, bicara terkesan gampang, jadi kini kita pun membutuhkan kesabaran untuk melakukan syukur dan sabar itu….. percaya deh, saya bukan termasuk orang yang tidak pernah dihadapkan dengan hiu2 itu…..jika saya belum pernah merasakan dahsyatnya hiu-hiu itu, maka saya pun tidak berani bicara panjang lebar seperti ini…..

Alloh mencintai kita…………….kata-kata itu yang berhasil menguatkan saya untuk tetap bertahan hidup. Sangat, Alloh sangat mencintai kita. Ada banyak hal kejadian yang membuat saya merasa sudah terlalu sering diselamatkan oleh-Nya….. dan saya pun yakin, Alloh sangat mencintai kalian. Mari, kita pun berlomba untuk mencintai-Nya……

Semangat teman2!!!!!!!!!!!!!!

3 thoughts on “Bersama Kesukaran Ada Kemudahan

  1. salut dengan kata pak didik ketika mengisi materi kuliah tamu. katanya, “setiap menginginkan sesuatu, saya selalu berkomunikasi dengan Allah.” ah, setiap orang lebih fakih dariku….,

    analogi ikan kecil dikejar ikan hiunya menarik…..^__^

  2. sukaaa. :-*
    semoga ga ada lagi berkubang dalam kesusahan macam orang paling menderita sedunia.🙂
    because all I need to do is believe bahwa bersama kesulitan ada kemudahan yaaaa…
    mana nih hiu saya??😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s